Mempercepat Loading Blog

October 18th, 2009 by hpnugroho


Posting ini di ambil dari blog saya yang satunya lagi ….

Sebagai seorang pemilik dan pengelola sebuah blog, tentu saja saya tidak bisa tinggal diam jika ada sebuah saran atau kritikan yang datang dari pengunjung. Terlebih bukan cuma seorang, tetapi beberapa orang.

Awalnya beberapa hari yang lalu, saya mencoba mengaktifkan sebuah plugin dengan tujuan mempermudah pengunjung bernavigasi. Tetapi bukannya makin bagus malah berakibat lambatnya loading blog ini.

Sebenarnya efeknya sudah terasa saat pertama kali preview sesaat setelah plugin diaktifkan. Tetapi karena ada perkiraan ini diakibatkan oleh lemotnya kualitas koneksi internet, saya masih abaikan. Dan dugaan ini juga diperkuat saat saya coba membuka blog dari tempat lain yang koneksinya lebih bagus. Loadingnya masih terlihat normal.

Hingga masuklah komentar dari seorang sahabat yang mengatakan bahwa loading blog ini super lambreta. Diperkuat oleh saksi komentar selanjutnya. Wah … ternyata blog ini memang bermasalah …..

Menindaklanjuti problematika tersebut, segera meluncur ke kediaman mbah Google. Setelah tanya ini-itu, konseling sama mbah, saya merangkum beberapa penyebab mengapa loadingnya lambat sekali.

1. Plugin

Sangat penting untuk tidak berlaku sembarangan dengan plugin. Sebaiknya cek terlebih dahulu ke sumbernya langsung yaitu pembuatnya. Beberapa plugin ada yang bisa menyebabkan crash bila digabungkan, atau crash dengan theme. Seperti yang saya alami. Kesimpulannya, tanpa berpanjang lebar, sebaiknya gunakan plugin seperlunya saja, jangan asal mengaktifkannya. Gunakan plugin yang benar-benar diperlukan. Untuk mempermudah buat scala prioritas.

Contohnya; tentukan prioritas utama adalah plugin pencegah spam, berikutnya plugin pendukung theme, lalu plugin optimasi (SEO) kemudian barulah plugin untuk tampilan.

Nonaktifkan plugin yang tidak digunakan dan sebaiknya di delete dari peredaran.

2. Theme

Jika memangkas plugin masih dirasa kurang, saatnya melihat theme yang digunakan. Usahakan menggunakan theme dengan penggunaan gambar seminimal mungkin. Gambar pada theme memang membuat penampilan menarik, tetapi jika terlalu banyak akan memakan memory sehingga mengganggu kecepatan saat loading.

Kemudian lihat pada CSS-nya, rapikan css nya dari whitespace atau spasi-spasi kosong. Saya menggunakan jasa CSS drive untuk melakukan modifikasi css ini. Selain itu ada sebuah referensi yang menyebutkan untuk meminimalisir penggunaan query ke database, dan ini juga diperkuat oleh seorang teman programer. Kenapa? Jika terlalu banyak query ke database, maka secara otomatis akan menambah kerja blog untuk menuju ke database

3. Sidebar

Sidebar memang sangat diperlukan. Untuk mengatasi lambatnya loading, sebaiknya buang widget yang tidak atau kurang diperlukan. Apalagi yang memerlukan koneksi keluar blog. MIsalnya dalam hal ini permasalahan ada pada shoutmix. Kita bisa lihat pada bagian bawah browser. Mana yang loadingnya memakan waktu.

Terutama yang harus diperhatikan adalah bagian widget yang menggunakan java script dan i-frame. Sebagian besar banner-banner yang ada menggunakan java script, di samping tentunya memakai external link untuk gambarnya. Jadi saat loading otomatis juga memerlukan waktu untuk meload gambar tersebut dari sumbernya.

4. Penggunaan gambar pada artikel

Memang gambar pada artikel membantu pembaca untuk berimajinasi, menyatu dengan tulisan yang kita buat. Akan tetapi, sebaiknya buat ukuran gambar tersebut menjadi lebih kecil. Kita mengenal beberapa format gambar; PNG, JPEG, BMP dan GIF . Dari ke-4 format tersebut GIF adalah yang memiliki ukuran paling kecil, tetapi memang dari segi warna memiliki keterbatasan. Yang berada diurutan tengah adalah JPEG, dari segi ukuran tidak terlalu besar dan kualitas yang cukup baik.

Lantas bagaimana triknya agar bisa membuat kecepatan loading bertambah? Yang pertama saya lakukan adalah memangkas ukuran, memang dalam proses menyisipkan ada pilihan penampilan, tetapi itu tidaklah memangkas ukuran. Jadi sebaiknya ukuran diperkecil sebelum kita upload.

Yang kedua, usahakan tidak memasukan gambar pada halaman index. Kita pasti familiar dengan fitur “read more” , gunakan fitur ini. Jadi gambar hanya tampil pada singgle post. Jika memang ingin ada gambar di halaman index, ya … gunakan ukuran yang lebih kecil.

Itulah rangkuman beberapa hal yang bisa memperngaruhi kecepatan loading. Mungkin masih banyak faktor-faktor lain yang masih belum saya ketahui, tetapi dengan hanya memperhatikan ke-4 faktor tadi, saya bisa memperbaiki problem loading di blog ini.

Jika sahabat sekalian memiliki tips dan trik lain, tidak ada salahnya saling berbagi disini, akan sangat berguna bagi kita semua.

Popularity: 41% [?]

Leave a Reply

3 Responses to “Mempercepat Loading Blog”

  1. Comment by serunya belajar seo

    Kalo saya untuk ngepress gambar pake photoshop. Buka file gambarnya di photoshop lalu di save for web devices, ukuran file gambar akan jauh berkurang, jelas akan mempercepat loading. Jika halaman anda loadingnya cepat, point seonya bagus lho!

    [Reply]

    hpnugroho Reply:

    yup … semakin kecil ukuran file akan semakin cepat proses loadingnya …

    [Reply]

  2. Comment by deltapapa

    oh begitu ya

    [Reply]